July 27, 2021 11:34 am
5 Bahan Penyedap Makanan yang Menyehatkan

5 Bahan Penyedap Makanan yang Menyehatkan

Banyak orang yang menggunakan MSG (monosodium glutamate) sebagai penyedap makanan. Memang di mulut, makanan dengan MSG atau vetsin terasa lebih nikmat, gurih dan lezat. Namun, bila kebanyakan vetsin justru dapat menyebabkan masalah kesehatan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengetahui bahan-bahan berikut untuk mengganti vetsin sekaligus menjaga kesehatan akibat risiko vetsin.

1. Terasi

Bahan pertama ada terasi yang terkenal dengan aromanya yang khas. Terasi bisa digunakan sebagai alternatif penyedap untuk makanan. Pada umumnya, terasi dibuat dari bubuk ikan atau udang kecil-kecil yang diproses melalui fermentasi.

Bahan yang satu ini tidak hanya digunakan sebagai penyedap, namun juga bisa digunakan sebagai bahan utama seperti sambal terasi. Namun, bagi Anda yang alergi terhadap seafood, Anda harus berhati-hati. Bila Anda tetap ingin mengonsumsi terasi, Anda bisa memilih terasi yang dibuat dari ikan biasa.

2. Kedelai

Kedelai terkenal dengan kandungan proteinnya yang tinggi. Siapa sangka, kedelai yang biasanya diolah menjadi tempe maupun menjadi minuman sari kedelai, ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan penyedap. Biasanya kedelai yang digunakan sebagai penyedap dalam masakan ini diproses dengan cara fermentasi. Dengan begitu, hasil fermentasi ini bisa memicu rasa alami yang semakin sedap untuk makanan.

3. Tomat

Bahan ini ternyata memiliki berbagai macam manfaat. Selain dikonsumsi biasa dengan langsung memakannya, tomat juga bisa diambil sari-sarinya menjadi jus tomat. Tomat juga bisa memberikan efek positif untuk kesehatan. Misalnya mengurangi mata rabun jauh maupun mengurangi wasir yang diakibatkan terlalu lama duduk.

Selain itu, ternyata tomat juga bisa digunakan sebagai penyedap untuk makanan. Hal ini dikarenakan tomat mengandung glutamat yang dapat memberikan rasa alami dalam makanan sehingga terasa lebih nikmat. Biasanya tomat lebih terasa asin saat sudah dicampur dengan olahan makanan lainnya. Ada juga yang menjadikan tomat sebagai bahan utama seperti sambal tomat maupun saus tomat.

4. Keju

Bahan lainnya yang mengandung glutamat adalah keju. Keju yang digunakan adalah keju parmesan. Keju ini bisa memberikan rasa atau aroma yang mirip dengan daging dan terasa asin. Keju yang digunakan sebagai penyedap ini juga mengalami proses fermentasi untuk menghasilkan aroma yang khas.

5. Jamur

Jamur juga bisa digunakan sebagai bahan penyedap. Selain itu, jamur yang juga mengandung protein tinggi ini, sering kali berfungsi sebagai pengganti daging. Oleh karena itu, ada beberapa orang yang mencoba menggunakan kaldu jamur sebagai campuran makanan untuk menambah cita rasa makanan.

Itulah beberapa informasi mengenai bahan penyedap makanan yang bisa Anda gunakan untuk menambahkan nikmat masakan. Selain penggunaannya yang beragam, bahan-bahan tersebut merupakan bahan yang cukup menyehatkan bila dibandingkan dengan penggunaan vetsin atau MSG. Tidak hanya digunakan untuk penyedap, bahan-bahan tersebut juga bisa dijadikan bahan utama dalam masakan.