May 24, 2022 1:06 am
5 Cara agar Anak Cepat Bicara, Rangsang dengan Hal Berikut

5 Cara agar Anak Cepat Bicara, Rangsang dengan Hal Berikut

Kemampuan anak dalam berbicara biasanya dimulai pada usia 5 bulan, namun tentu dengan bahasa bayi. Seperti hanya bisa mengucap mama atau papa secara terpatah-patah. Pada saat menginjak usia 10 sampai 12 bulan, anak mulai bisa mengingat beberapa kata dan juga mengucap kalimat panjang. Ada beberapa cara agar anak cepat bicara, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba.

1. Sering Mengajak Berkomunikasi

Berkomunikasi ringan akan membuat otak anak terangsang terhadap kata-kata yang diberikan. Bahkan cara ini bisa Anda lakukan saat baru dilahirkan, sekedar memanggil namanya atau mengenalkan mama dan papanya. Anak masih belum bisa menjawab, namun otak akan merangsang dan menyimpannya dalam memori.

Jadi, jangan pernah berhenti untuk mengajak anak berkomunikasi, agar otak terangsang dan kemampuan berbicara pun menjadi lebih cepat. Selain untuk merangsang otak anak, Anda juga sekaligus menghiburnya saat sedang menangis. Perlu diingat, jangan sampai memberikan kata-kata kasar untuk anak, serta jauhkan juga ia agar tidak mendengar kata-kata kasar, karena akan mempengaruhi kedepannya.

2. Selalu Ulangi Kata yang Sama

Cara kedua untuk membuat anak cepat berbicara adalah Anda perlu terus mengulangi kata-kata yang sama setiap saat. Pilihlah kata-kata yang mudah untuk dipahami anak, seperti kata mama, papa atau kata-kata sehari-hari seperti minum, makan, pipus dan lain-lain. Dengan begitu, anak akan mudah mengingat dan lambat laun juga akan bisa menirukan kata-kata tersebut.

3. Ajak Bernyanyi

Cara agar anak cepat bicara selanjutnya adalah dengan mengajaknya bernyanyi. Anda bisa menyanyikan lagu-lagu ringan dan berikan iringan gerakan tubuh. Menurut beberapa studi, anak akan lebih mudah menangkap dan meniru kata-kata yang terucap dengan iringan gerakan tubuh. Jadi, Anda bisa sekaligus menghibur anak dan merangsang perkembangan otaknya untuk membuatnya cepat berbicara.

4. Jangan Biarkan Anak Nonton TV Terlalu Lama

Mengajak anak menonton TV atau layar handphone memang meringankan beban orangtua. Anda bisa sedikit bersantai saat menjaga anak. Namun hal tersebut memiliki dampak yang kurang baik bagi anak, karena menonton TV yang terlalu lama membuat anak menjadi malas berbicara, karena ia lebih nyaman menonton layar TV.

5. Mencukupi Nutrisi Harian

Selain dengan beberapa cara diatas, sebagai orang tua kita juga memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak. Mulai dari makanan yang bergizi dan juga vitamin yang bisa menstimulasi pertumbuhannya. Nutrisi ini sangat penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan syaraf motorik anak, serta juga membantu sensorik anak.

Jadi, itulah tadi beberapa cara agar anak cepat bicara yang bisa dilakukan oleh orang tua. Anak sangat membutuhkan rangsangan-rangsangan tersebut, selain untuk membuatnya cepat berbicara, anak juga akan merasa disayangi dan selalu terhibur. Cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan membacakan dongeng sebelum tidur.