June 27, 2022 4:54 am
6 Tipe Bullying yang Wajib Orang Tua Ketahui

6 Tipe Bullying yang Wajib Orang Tua Ketahui

Makin hari, praktik bullying atau perundungan di kalangan anak-anak dan remaja semakin merebak. Perundungan ini sendiri tak melulu berupa kekerasan pada fisik, namun juga bisa dalam bentuk lain seperti perundungan secara verbal. Mengetahui dan memahami ragam tipe dari perundungan ini akan bisa membantu dalam proses pemulihan trauma yang dialami oleh korbannya.

1. Perundungan Fisik

Perundungan fisik merupakan salah satu bentuk perundungan yang paling dikenal luas oleh masyarakat. Beberapa bentuk perundungan fisik ini seperti menendang, memukul, menampar, atau pun melakukan kekerasan fisik lainnya yang menyakiti korbannya. Umumnya, perundungan fisik dilakukan oleh anak yang tenaganya lebih kuat, dibandingkan dengan orang yang menjadi korban.

Tipe perundungan satu ini merupakan tipe perundungan yang paling mudah untuk diidentifikasi. Pasalnya, kekerasan fisik yang dilakukan biasanya akan meninggalkan bekas di tubuh korbannya, seperti kulit yang membiru akibat pukulan atau luka. Dibandingkan dengan tipe perundungan lain, perundungan fisik memperoleh atensi lebih dari kebanyakan orang.

2. Perundungan Verbal

Perundungan verbal merupakan tipe perundungan atau bullying melalui perkataan atau pernyataan yang dilontarkan oleh pelakunya. Tipe perundungan satu ini identik dengan penggunaan kata atau kalimat yang mendiskreditkan atau menghina korbannya, sehingga korban perundungan ini bisa menjadi terintimidasi, terkucilkan, dan kehilangan kepercayaan diri.

3. Perundungan Dunia Maya

Perundungan dunia maya atau cyberbullying merupakan tipe perundungan yang kerap terjadi di era digital seperti sekarang, apalagi di kalangan anak-anak dan remaja. Memberikan komentar jahat pada orang lain di media sosial hingga mengirimkan ancaman secara online yang membuat orang lain merasa tersakiti, terhina, dan terancam, merupakan bentuk perundungan dunia maya tersebut.

4. Perundungan Seksual

Perundungan seksual merupakan tipe perundungan yang di antaranya ditandai dengan sebutan vulgar bagi seseorang, pemberian komentar kasar dan vulgar, hingga menyentuh seseorang tanpa izin. Jika perundungan seksual tak segera diatasi, bahkan perundungan ini bisa berakhir dengan terjadinya pelecehan seksual kepada korban.

5. Perundungan Sosial

Perundungan sosial merupakan tipe perundungan yang bertujuan untuk menjatuhkan reputasi korbannya. Dalam melakukan perundungan ini, si pelaku akan menyebarkan rumor tak benar tentang korban, mengecilkannya di situasi sosial, hingga mempermalukannya di hadapan orang banyak. Akibatnya, orang lain pun turut menjauhi si korban perundungan sosial tersebut.

6. Perundungan Prasangka

Perundungan prasangka merupakan perundungan yang terjadi karena prasangka di pelaku atas rasa, etnis, agama dan orientasi seksual korbannya. Perundungan satu ini umumnya terjadi pada korban yang tergolong sebagai minoritas, baik itu dari segi ras, etnis, agama, ataupun orientasi seksual. Korban akan dikucilkan karena dianggap berbeda dari kelompok mayoritas.

Mengetahui tipe perundungan atau bullying akan bisa membantu orang tua dalam memberikan pendampingan yang tepat bagi anaknya yang mungkin mengalami salah satu bentuk perundungan di atas. Cari tahu lebih banyak lagi informasi seputar bullying dan artikel balita dan anak lainnya hanya di Orami Magazine.