October 26, 2021 9:55 pm
Aturan-aturan Penulisan Daftar Pustaka Yang Benar

Aturan-aturan Penulisan Daftar Pustaka Yang Benar

Sebuah karya tulis tentu memiliki kaidah penulisan yang tepat. Hal ini bertujuan selain untuk memberikan tampilan yang menarik, tentu kaidah-kaidah tersebut agar karya tulis bisa diterima dengan baik. Dalam hal ini sebuah karya tulis harus mampu membuat pembacanya menjadi paham tentang apa yang tertuang dalam karya tulis tersebut.

Setidaknya ada beberapa unsur yang harus dipenuhi dalam pembuatan karya tulis. Unsur-unsur tersebut berupa data, teori, serta struktur penulisan. Berbicara mengenai struktur penulisan karya tulis, baik itu buku atau karya tulis lainnya tentu membutuhkan aturan-aturan tertentu. Setiap karya tulis akan berbeda aturannya.

Sebut saja untuk sebuah karya ilmiah, makalah, tesis atau skripsi. Pada karya tersebut salah satu aturan yang wajib adalah mencantumkan daftar pustaka. Hal ini tidak hanya sebagai syarat pembuatan buku, daftar pustaka juga bertujuan untuk memberikan penegasan bahwa karya tulis tersebut dibuat berdasarkan teori dan referensi yang relevan. Adapun aturan-aturan cara menulis daftar pustaka dari internet adalah sebagai berikut:

Penulisan Nama

Untuk menyusun daftar pustaka, hal wajib yang perlu diperhatikan adalah penulisan nama penulis. Jika penyusun atau penulis hanya tunggal, maka nama dari penulis di balik. Artinya, nama depan penulis berada di belakang. Sementara jika terdiri dari dua penulis, maka nama penulis kedua tetap ditulis seperti biasa tanpa harus di balik.

Tahun Terbit

Dalam menyusun daftar pustaka, Anda juga wajib mencantumkan tahun terbit. Tahun terbit ini berada persis setelah penulisan nama penulis.

Judul Buku

Judul buku ditulis setelah penulisan tahun terbit. Yang perlu diperhatikan dalam penulisan daftar pustaka, judul buku harus merupakan huruf dengan tipe huruf miring.

Kota dan Nama Penerbit

Selain ketiga aturan di atas, kota dan nama penerbit juga tidak kalah penting untuk dicantumkan. Anda wajib menuliskan nama penerbit terdahulu kemudian menuliskan nama kota.

Aturan di atas merupakan aturan baku untuk penulisan buku. Yang paling penting diperhatikan adalah penulisan daftar pustaka wajib menggunakan titik sebagai batas dari setiap poin aturan di atas.