September 23, 2021 9:30 am
Begini Cara Menyimpan Makanan Kucing Basah agar Tetap Awet

Begini Cara Menyimpan Makanan Kucing Basah agar Tetap Awet

Pada umumnya kucing lebih menyukai makanan basah dibandingkan makanan kering. Aroma makanan basah lebih tajam dibanding makanan kering, oleh karena itu kucing lebih menyukainya. Namun jika Anda memberikan makanan basah, Anda harus menyimpannya dengan benar, agar makanan basah awet dan tetap layak dikonsumsi. Berikut ini cara menyimpan makanan kucing basah agar tetap awet dan layak dikonsumsi.

Segera Tutup Kemasan Setelah Dibuka

Makanan basah kucing ada dua yaitu sachet dan kaleng. Cara menyimpan makanan basah sachet dan kaleng sama, ketika sudah dibuka maka langsung ditutup dengan rapat agar tidak ada udara yang masuk. Karena jika ada udara yang masuk, bakteri akan berkembang.

Simpan Dalam Kulkas

Makanan basah sangat rentan mengalami perubahan rasa dan juga tekstur. Karena itu ada baiknya Anda menyimpan makanan basah ke dalam kulkas. Hal ini dilakukan agar makanan basah lebih awet sebab disimpan di suhu rendah.

Tidak Terlalu Lama Ketika Disimpan di Dalam Kulkas

Banyak orang yang tidak mengetahui tentang hal ini. Ternyata menyimpan makanan basah kucing terlalu lama di kulkas bisa mengubah rasa makanan tersebut, menyimpan makanan basah paling lama yaitu 5 hari dari waktu awal menyimpan. Jadi pastikan dalam kurun waktu tersebut makanan sudah habis, agar rasa makanan tidak berubah.

Menandai Periode

Cara ini sebenarnya hanya untuk berjaga-jaga saja takut pemilik lupa kapan membuka dan memberikan makanan tersebut pertama kali ke kucing. Oleh karena itu untuk berjaga-jaga, maka buatlah penanda periode agar pemilik tidak lupa.

Waktu Simpan Makanan di Luar Wadah

Jika Anda sudah menuang makanan kedalam wadah, namun kucing tidak langsung memakannya maka waktu aman konsumsinya adalah 30 sampai 40 menit. Jika sudah lebih dari waktu 30 sampai 40 menit, namun kucing tetap belum mau memakannya, Anda harus membuangnya. Karena jika Anda tidak membuangnya maka pastinya akan berbahaya dan teksturnya berubah.

Bersihkan Tempat Makan dan Minum Setiap Hari

Sesuai dengan pembahasan singkat tadi, bahwa pembusukan merupakan hal yang paling mempengaruhi makanan basah. Oleh karena itu supaya terhindar dari pembusukan atau bakteri, sebaiknya pastikan Anda selalu membersihkan tempat makan dan minum kucing setiap hari. Agar kucing Anda tetap sehat dan terhindar dari bakteri.

Mengecek Tanggal Kedaluwarsa Makanan

Cara menyimpan makanan basah yang terakhir adalah dengan cara selalu mengecek tanggal kedaluwarsa yang sudah ada di kemasan makanan. Sebaiknya Anda mengecek tanggal kedaluwarsa baik itu sebelum atau sesudah membelinya karena hal ini juga berkaitan dengan kesehatan kucing juga. Selain itu pilihlah tempat menjual makanan yang terpecaya agar Anda tidak tertipu barang murah namun sudah kedaluwarsa.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar makanan kucing basah tetap awet dan terhindar dari bakteri. Jadi jangan salah lagi dalam menyimpan makanan basah. Meskipun makanan basah tidak sepopuler seperti makanan kering, namun makanan basah lebih sehat untuk dikonsumsi kucing setiap hari.