January 22, 2022 10:55 am
Kesalahan Pemasaran Produk yang Sering Terjadi

Kesalahan Pemasaran Produk yang Sering Terjadi

Ketika berbincang tentang bisnis, pemasaran adalah salah satu hal yang sangat penting. Ya, hal ini sangat krusial karena strategi pemasaran yang dilakukan akan berpengaruh pada eksistensi dari bisnis yang dijalankan. Anda bisa melihat strategi pemasaran produk Mayora yang tepat di mana berhasil membuat produk dari Mayora dikenal oleh masyarakat secara luas.

Nah, terkait pemasaran, selain mengetahui strategi pemasaran yang tepat, Anda perlu mengetahui kesalahan yang cukup sering terjadi dalam penerapan strategi tersebut. Pengetahuan tentang kesalahan tersebut tentu penting sebagai pertimbangan penerapan strategi serta upaya peningkatan kehati-hatian.

Berikut ini beberapa kesalahan umum yang cukup sering terjadi dilakukan dalam bisnis.

  • Memasarkan produk yang masih fiktif

Meskipun terdengar konyol, namun hal semacam ini benar-benar terjadi. Tidak sedikit pebisnis berani memasarkan produk yang masih fiktif dengan tujuan untuk melakukan tes pada target konsumen. Bayangan yang sering dijadikan tameng adalah tes tersebut menjadi awal sebelum produk nantinya dibuat.

Meskipun tampak logis, hal tersebut tentu adalah kesalahan. Pada dasarnya, konsumen tidak suka berharap pada sesuatu yang belum pasti. Nah, ketika mereka sadar bahwa produk yang Anda sediakan belum ada, maka mereka akan ragu untuk membeli.

Jika Anda ingin melakukan tes pada target konsumen, Anda bisa saja membuat sample terlebih dahulu. Sample tersebut nantinya akan menjadi gambaran dari produk yang Anda tawarkan ketika sudah jadi.

  • Penerapan strategi pemasaran yang tidak matang

Sebagaimana disinggung sebelumnya, strategi pemasaran adalah hal yang sangat penting berkaitan dengan sistem kelola produk dan bisnis. Meskipun demikian, tidak sedikit perusahaan yang menerapkan strategi pemasaran dengan tidak matang.

Hal semacam ini tentu saja merupakan sebuah kesalahan yang cukup fatal. Tanpa strategi pemasaran yang matang, tentu artinya pemasaran dilakukan tanpa konsep yang jelas. Meskipun Anda bisa saja menjalankan metode pemasaran ini, namun dalam jangka waktu yang panjang, akan lebih banyak masalah yang dihadapi.

  • Tidak konsisten dengan brand

Terkait pemasaran, brand adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya, brand adalah identitas dari bisnis dan produk yang Anda kelola. Kesalah umum terkait brand adalah pebisnis tidak konsisten dengan brand yang mereka gunakan.

Apa maksud dari pernyataan ini?

Beberapa pebisnis kerap berganti brand, baik logo, nama ataupun citra. Hal tersebut barangkali memang menjadi sebuah strategi pemasaran. Namun, jika penggantian brand dilakukan terlalu cepat dan tidak memperhatikan beragam aspek, maka tentu pengembangan brand nantinya akan cenderung gagal.

Beberapa hal di atas adalah ragam kesalahan pemasaran produk yang sebaiknya Anda hindari dan buang jauh-jauh. Coba lakukan riset dengan mempelajari strategi pemasaran ala produk Mayora untuk menemukan strategi yang tepat guna pembangunan bisnis yang lebih maksimal.