July 27, 2021 12:14 pm
Mengenal Oseltamivir - Manfaat, dosis dan efek samping

Mengenal Oseltamivir – Manfaat, dosis dan efek samping

Oseltamivir merupakan obat yang biasa digunakan untuk mengatasi beberapa tipe penyakit yang di sebabkan oleh virus influenza mulai dari tipe A atau tipe B, jika di sebutkan contohnya yaitu seperti flu burung. Pada umumnya orang yang mengalami masalah karena virus influenza memiliki beberapa gejala seperti hidung tersumbat, meriang, lemas, batuk, radang tenggorokan yang bisa sembuh lebih cepat ketika mengkonsumsi Oseltamivir.

Oseltamivir selain bisa di gunakan untuk mengatasi infeksi virus influenza tapi juga bisa digunakan untuk mencegah setiap orang yang baru terkena influenza agar tidak terkena flu dari lingkungan sekitar yang sedang terkena virus ini.

Oseltamivir merupakan obat yang menghambat bahkan menghentikan perkembangan virus influenza. Tapi hingga saat ini penelitian menunjukan bahwa obat Oseltamivir tidak di rekomendasikan untuk mengatasi virus Covid 19 karena kurang efektif. Selain itu penyakit yang di sebabkan oleh bakteri juga tidak efektif jika di berikan Oseltamivir.

Oseltamivir boleh di konsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa, tapi tidak boleh di konsumsi oleh ibu hamil karena akan memberikan efek samping yang tidak baik pada perkembangan janin. Bagi ibu menyusui ketika mengkonsumsi obat ini juga di wajibkan untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu untuk dosis yang pas, karena obat ini di serap ke dalam ASI.

Hal yang Harus di Perhatikan Ketika Hendak Mengonsumsi Oseltamivir

Penggunaan Oseltamivir hanya di izinkan ketika sudah mendapatkan resep dokter. Oleh sebab itu sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi obat ini ada baiknya anda memperhatikan beberapa hal berikut

  • Pastikan anda tidak memiliki alergi pada obat ini, agar tidak mengalami efek samping yang membahayakan. Oleh sebab itu pentingnya resep dokter ketika mengkonsumsi Oseltamivir
  • Oseltamivir harus pada dosis tertentu khusus untuk anda yang memiliki gangguan kesehatan seperti liver, jantung dan fungsi ginjal serta masih banyak lagi. Karena ketika di gunakan dengan dosis yang tidak sesuai bisa berakibat pada kelainan pada otak dan pembengkakan.
  • Dengan mengkonsumsi obat Oseltamivir bukan berarti anda tidak perlu di vaksin flu. Vaksin influenza merupakan hal yang di utamakan agar anda terhindar dari virus influenza.
  • Ketika konsultasi ke dokter untuk dosis mengkonsumsi obat Oseltamivir pastikan anda memberi tahu bahwa anda juga sedang mengkonsumsi obat lain
  • Bagi ibu hamil muda yang baru berusia satu bulan atau yang belum terlihat perubahan fisik pastikan untuk memberi tahu dokter ketika sedang berobat karena mengalmi flue atau demam.

Dosis dan Cara Menggunakan Oseltamivir dengan Baik & Benar

Dosis penggunaan obat Oseltamivir setiap individu berbeda-beda di pengaruhi oleh kondisi dan usia pada pasien. Untuk bagi mulai dari usia 0-1 bulan, 1-3 bulan saja sudah berbeda, begitu juga orang dewasa. Oleh sebab itu pastikan untuk berkonsultasi dahulu kepada dokter.

Mengkonsumsi obat ini selain konsultasi kepada dokter tapi juga bisa membaca aturan pakai pada kemasan. Bagi yang memiliki penyakit magh sebaiknya mengkonsumsi sesudah setelah makan.

Agar hasil maksimal dalam mengkonsumsi obat oseltamivir, sebaiknya mengkonsumsi pada jam yang sama setiap harinya.

Efek Obat Oseltamivir

Mengkonsumsi Oseltamivir memang sebaiknya melalui konsultasi dokter atau seminimal mungkin yaitu dengan membaca aturan pakai yang tertera pada kemasan. Efek samping yang di dapatkan ketika mengkonsumsi tidak sesuai takaran bisa sakit perut, sulit tidur, diare hingga merasa tidak nyaman.