Minideposito

Mengabarkan informasi dan berita terupdate

Pengertian, Manfaat, dan Tips Keberlanjutan Lingkungan

Pengertian, Manfaat, dan Tips Keberlanjutan Lingkungan

Keberlanjutan lingkungan bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan SDA dengan bijak. Selain itu, ini juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup kita semua secara berkelanjutan. Oleh karenanya, semua pihak harus Bersama-sama berkomitmen untuk mendukung konsep ini.

Definisi Keberlanjutan Lingkungan

Keberlanjutan lingkungan meliputi kemampuan mempertahankan keseimbangan lingkungan, meminimalisir dampak negative pada lingkungan, serta menjaga kualitas air dan udara yang baik. Hal ini juga terkait pelestarian SDA, penggunaan energi terbarukan, dan konservasi keanekaragaman hayati.

Semakin jelas bahwa keberlanjutan sangat penting, khususnya terkait lingkungan. Apalai perhatian pada masalah lingkungan semakin meningkat. Misalnya adalah polusi, penipisan lapisan ozon, perubahan iklim, dll. Untuk meminimalisir dampak negative pada lingkungan, Upaya-upaya seperti ini harus diprioritaskan untuk pembangunan berkelanjutan.

Keuntungan Keberlanjutan Lingkungan

Konsep keberlanjutan memberi banyak manfaat pada lingkungan. Diantaranya adalah:

  1. Mengurangi Pencemaran Lingkungan

Bisnis berkelanjutan bisa membantu meminimalisir pencemaran lingkungan & kerusakan ekosistem. Sebagai contoh, teknologi ramah lingkungan bisa mengurangi emisi dan limbah. Alhasil, dampak buruk terhadap lingkungan dapat dikurangi.

  1. Konservasi Sumber Daya Alam (SDA)

Berkelanjutan (sustainable) artinya menggunakan SDA secara bertanggung jawab serta mempertahankan keberlangsungannya. Dengan bisnis berkelanjutan, kitab isa mengurangi SDA berlebih. Bahkan, hal ini dapat meningkatkan penggunaan sumber daya terbarukan.

Tips Menciptakan Keberlanjutan Lingkungan

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan keberlanjutan lingkungan. Salah satunya adalah dengan menggunakan produk yang sustainable, yaitu produk yang menggunakan bahan daur ulang.

Selain itu, Anda juga perlu memilih makanan & minuman berkelanjutan. Misalnya adalah belanja di pasar petani lokal. Selain mengurangi emisi karbon, Anda bisa memilih merk yang punya komitmen terhadap keberlanjutan lingkungan.

Kemudian, adalah wajib untuk memilih produk yang bisa dipakai lagi. Misalnya, Anda bisa memilih botol yang bisa dipakai lagi ketika bepergian. Atau, Anda bisa memilih tas belanja yang bisa dipakai lagi dibnding menggunakan kantong plastik.

Ciptakan Keberlanjutan Lingkungan dengan Hutan Mangrove

Hutan mangrove juga dapat membantu dalam menciptakan keberlanjutan lingkungan. Salah satu manfaat hutan mangrove adalah untuk konversi keanekaragaman hayati. Selain itu, hutan mangrove juga dapat mencegah erosi air laut. Manfaat lain adalah menyerap karbon, menjaga kualitas air, sebagai mata pencaharian masyarakat sekitar, dan sebagai destinasi obyek wisata.

Karena pentingnya hutan mangrove (bakau), Nestle juga turut serta menjaga ekosistem dengan program menanam seribu pohon bakau saat merayakan World Water Day dan World Earth Day 2018 silam. Selain itu, Nestle juga melakukan penanaman pohon melalui program KASIH di Taman Nasional Bukit Barisan, Lampung Barat. Nestle kembali melakukan program KASIH di tahun 2021 dengan menanam 10 ribu bibit pohon di Jawa Barat, tepatnya Karawang. Upaya-upaya tersebut dilakukan Nestle karena komitmen mereka dalam menciptakan keberlanjutan lingkungan.