May 23, 2022 11:56 pm
Tips Orang Tua Membantu Mengelola Emosi Anak Dengan Baik

Tips Orang Tua Membantu Mengelola Emosi Anak Dengan Baik

Ikuti tips yang harus dilakukan orang tua dalam membantu mengelola emosi anak yang baik berikut. Dilansir dari berbagai penelitian, menunjukkan jika anak yang mampu mengelola dan mengendalikan emosi dapat berimbas pada kecerdasan akademiknya.

Bukan hanya itu, mereka juga berpeluang dapat mengendalikan kecerdasan emosi serta psikososial yang jauh lebih baik dibanding anak-anak yang tidak punya kemampuan untuk mengendalikan emosi.

Yang paling penting saat anak dapat mengelola emosi adalah mereka punya kemampuan untuk bersikap toleransi kepada sesamanya, punya empati yang tinggi hingga welas asih.

Sikap inilah yang nantinya bakal mendorong anak agar bisa tumbuh dengan baik, punya pribadi yang positif serta tidak gampang terlibat di berbagai permasalahan sosial di lingkungannya.

Selanjutnya, anak yang dapat mengelola perasaannya dengan baik juga punya kesempatan untuk tumbuh dan berkembang jadi anak yang dapat bertahan di segala kondisi tekanan.

Selanjutnya anak juga bisa melewati segala situasi yang tidak menyenangkan bagi mereka. Agar anak dapat mengendalikan emosi dengan baik, peran orang tua di sini juga sangat penting.

Bagi orang tua, berikut adalah tips dan tahapan saat mengajar dan melatih anak usia dini dalam mengelola emosi. Tips ini kami dapatkan dari laman Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud):

Tahap 1

Orang tua harus membantu anak mengenali dan menerima emosi yang tengah mereka rasakan pada saat itu.

Tahap 2

Membantu anak untuk mengungkapkan emosi yang mereka rasakan dengan benar dan baik tanpa harus marah-marah.

Tahap 3

Orang tua harus menyediakan waktu untuk mendengar keluh kesah anak. Ketika apa yang ingin disampaikan anak didengarkan, anak merasa mempunyai  tempat berbagi perasaan yang bisa dipercaya.

Tahap 4

Orang tua harus mencoba memberi contoh yang baik kepada anak saat mereka perlu mengekspresikan setiap emosi yang anak alami.

Jadilah seorang model yang bagus bagi anak saat ingin mengekspresikan emosi. Pasalnya, perilaku anak merupakan cerminan perilaku orang tua selama ini.

Tahap 5

Orang tua harus bergerak aktif untuk membantu anak agar mendapat pandangan positif dari setiap emosi yang mereka alami.

Langkah ini sangat penting supaya anak dapat mengendalikan emosi negatif yang sering terjadi saat mereka mengalami kejadian yang tidak menyenangkan.

Tahap 6

Sebisa mungkin orang tua juga harus membantu anak agar dapat menyelesaikan setiap masalah yang mereka alami.

Dalam hal ini, orang tua wajib mendampingi anak saat mereka ingin menyelesaikan suatu masalah sendiri. Pastikan anak dapat menyelesaikan masalah di jalur yang benar dan tidak bertentangan dengan norma yang ada.

Tahap 7

Orang tua harus bijak untuk membantu anak agar mereka dapat mengelola emosi negatif. Dan sebisa mungkin mengubah emosi tersebut menjadi emosi positif.